Thursday, October 25, 2012

Kuliah di Berlin, Jerman

Hi,

Aku menulis blog ini untuk para pelajar yang ingin bermaksud melanjutkan kuliah di jerman, terutama di Berlin.
Tentu saja informasi lebih lengkap bisa didapatkan di kedutaan Jerman, Daad, atau di Goethe Institut.

Untuk lulusan SMU dari Indonesia, dibutuhkan ijazah kursus bahasa minimal B1 atau Mittelstüfe 1, ini tergantung permintaan dari Universitasnya dan jurusan kuliah yg akan diambil. Ijazah ini dibutuhkan untuk melamar Studienkolleg. Studienkolleg adalah penyamaan SMU di Jerman untuk negara-negara tertentu saja, dan sayangnya lulusan dari sekolah Indonesia butuh untuk masuk Studienkolleg. Studienkolleg berlangsung selama 2 semester, yaitu 1 tahun. Dan di Jerman, kita mempunyai kesempatan selama 2 tahun untuk menyelesaikan Studienkolleg ini, kalau tidak akan kerepotan dalam memperpanjang visa.

Tentang visa, kita bisa apply visa kursus bahasa jerman untuk datang study di Jerman, atau juga kita bisa apply langsung visa untuk study kalau kita mendapat undangan atau istilahnya "Zulassung" dari Universitas di sana.
Untuk visa belajar bahasa, tentunya kita harus mendaftar ke sekolah bahasa dulu, misal di Berlin ada yang namanya Hartnackschule. Harga kursus selama 3 bulan kira-kira 600€.

Ngomong-ngomong tentang harga, kuliah di Berlin masih boleh dibilang relativ gk bayar. Satu semester uang kuliahnya kira-kira 250€ dan itu sudah termasuk uang transport.

Biaya hidup di Berlin kira-kira 600-800€ sebulan. Itu mencakup biaya asuransi 65€, sewa kamar 200€, biaya internet & telefon 30€, biaya makan 200€.

Satu lagi yang perlu diketahui, sebagai student/mahasiswa di Jerman, kita punya hak kerja selama 90 hari dalam setahun dan itu bisa mencukupi kehidupan di sini, tentu saja kita juga harus memperhitungkan kesulitan dalam mencari kerja.

Dan bagi mahasiswa yg bekerja membiayai hidup dan kuliahnya di Jerman, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap waktu kuliah yang semakin terulur lama. Dan satu informasi yang mesti diingat bahwa kita diberi waktu 10 tahun untuk menyelesaikan kuliah di Jerman, kalau tidak akan kerepotan dalam memperpanjang visa.

No comments:

Post a Comment